Friday, June 24, 2016

Gathering

Disela-sela kegiatan sehari-hari di bulan Ramadhan 1437 H ini, tepatnya pada tanggal 16 Juni 2016  atau 11 Romadhon 1437 H, Konco Gowes Telawa melakukan kegiatan bertajuk ibadah dan wisata religi  yakni berkunjung sekaligus melaksanakan tarawih keliling di Masjid Agung Demak. Kegiatan ini tidak diikuti seluruh anggota dikarenakan kesibukan masing-masing. Namun tidak mengurangi semangat kami, kegiatan berjalan dengan lancar. Kami berangkat dari markas jam 14.30 WIB, satu jam kemudian sampailah di Masjid Agung Demak. Kegitan selanjutnya adalah melaksanakan sholat ashar berjamaah kemudian mengikuti pengajian di masjid sampai dengan menjelang buka puasa. Kami pun bergabung dengan jamaah yang lain mengikuti buka bersama di masjid. Beberapa menit kemudian shalat maghrib berjamaah dan istirahat sejenak. Sampai dengan puncak pelaksanaan sholat isya dan sholat tarawih.
 
Bagian dalam masjid dengan 4 ( empat ) Soko Guru

Ada catatan menarik dari penulis, ketika memasuki masjid dan melaksanakan sholat di masjid tersebut ada satu rasa yang lain yakni serasa kita dibawa kemasa lalu. Walaupun masjid tersebut telah dipugar dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 21 Maret 1987 tetapi tidak merubah bentuk bangunannya.
Bahkan 4 ( empat ) tiang utama atau biasa disebut "Soko Guru" dalam masjid tersebut masih berdiri dengan kokoh makin menambah suasana dalam masjid seperti aslinya. Dimana soko guru sebelah barat laut dibuat oleh Sunan Bonang, kemudian Sunan Kalijaga membuat tiang disebelah timur laut yang terkenal dengan "Soko Tatal"-nya. Sunan Ampel membuat soko guru disebelah tenggara dan yang terakhir disebelah barat daya oleh Sunan Gunung Jati.

Komplek makam keluarga kerajaan Demak Bintoro

Kita dapat pula berziarah di makam keluarga kerajaan Demak Bintoro yang berada dibelakang masjid. dan dapat melihat-lihat peninggalan bersejarah kerajaan di komplek museum yang terletak di sebelah utara masjid. Yang pasti dengan berkunjung ke Masjid Agung Demak ini kita dapat merasakan kebesaran islam dimasa lalu. 

Sekian dan terima kasih.






Team Konco Gowes Telawa